Thursday, April 29, 2010

Road to Curug Cimahi






Tak terencana dengan cukup baik, itulah yang sering kulakukan. Seperti halnya kali ini, saat kuputuskan untuk datang ke Curug Cimahi. Hanya berbekal informasi yang kudapatkan pada saat googling. Itupun hanya memastikan bila memang lokasinya di Cimahi.

Berawal dari menonton film Air Terjun Pengantin yang dibintangi Tamara Blezensky, aku mendapatkan informasi dari salah seorang temanku bila lokasi air terjun itu berada di Cimahi maka aku mencoba mencari tahu kebenarannya.

Kulaju motorku ke arah Cimahi. Kota kecil di sebelah barat Kota Bandung. Hanya sekitar 30 menit jarak tempuhnya. Di Cimahi, mau tak mau aku harus bertanya mengenai jalan menuju ke Curug Cimahi. Hanya dua kali bertanya, akhirnya kudapati lokasi curug itu.

Ternyata lokasi Curug itu tidak berada di Kota Cimahi, tepatnya di daerah Cisarua. Bertempat di dekat terminal kecil angkutan kota, pintu masuknya tidaklah megah. Tempat penjual tiket masuknya pun hanya menyerupai sebuah pos satpam. Dengan tiga ribu rupiah per orang harga tiketnya.

Untuk mencapai curug itu, diperlukan waktu sekitar 30 menit berjalan ke bawah. Cukup melelahkan medan yang harus ditempuh. Bila beruntung bisa melihat dan bertemu beberapa monyet yang hidup di lokasi itu. Curug tersebut tidak banyak dikunjungi orang, mungkin karena jalannya tidak mudah dilalui dan melelahkan.

Beberapa anak SMA yang beramai-ramai untuk berenang di sana atau mungkin pasangan kekasih saja yang berkunjung ke sana. Di dalam lokasi juga dapat ditemui beberapa pondok yang menjual makanan dan minuman.

Curugnya tampak indah meskipun airnya tidak begitu jernih. Berada di lembah yang banyak ditumbuhi pohon yang tampak hijau. Airnya turun dengan tidak merata sehingga menampakkan keindahan gelombang di badan airnya. Beberapa batu besar berada di aliran sungai tak jauh dari pusat jatuhnya air. Cukup bagus untuk berfoto-foto.

Tidak jauh dari pusat air terjunnya, terdapat beberapa bangunan di mana orang bisa menyantap makanan seadanya, seperti mie instan, ketan bakar, dan beberapa makanan lainnya. Lumayan buat mengisi perut yang sudah mulai kosong.

Setelah puas dengan memandang air terjun dan mengambil beberapa foto di dekat air terjun itu, aku pun segera pulang. Baru beberapa langkah naik ke arah pintu masuk, hujan pun turun. Tidak begitu deras tapi cukup bisa membuat baju basah bila diteruskan jalan. Berteduh adalah pilihan yang tepat. Waktu berteduh ternyata tidak lama. Hanya beberapa menit, hujan pun mereda. Kembali kulangkahkan kakiku menaiki anak – anak tangga menuju pintu masuk tadi.

Sesampainya di luar, tak berselang lama aku pun kembali menuju ke kostku. Rasanya sudah begitu lelah. Ingin segera tidur.

No comments: